(FROM EAST TO EAST : Kuningan ;Keindahan,Keyakinan Dan Urbanisasi Turun-Temurun) B. Cibulan: Berenang Bersama Ikan Dewa Dan Mitos-Mitos Disekelilingnya

“Inilah tempat rekreasibagi kaum-kaum duafa” begitulah ucapan seorang pengunjung ketika dia dating sebelum berbincang-bincang dengan kami.bukan tanpa alas an seorang bapak guru besar trisakti itu mengatakan hal tersebut,karcis masuk cibulan terhitung murah jika dibandingkan dengan tiket rekreasi ke tempat lain terutama di daerah perkotaan.tapi sudah murah kami tetap tidak membayar karcis masuk,maklum kami kenal dengan warga sekitar.

Cibulan terletak di desa Manis,disini terdapat ikan dewa serta mata air sumur 7.disetiap tempat ada cerita atau mitos-mitos disekelilingnya,kami menginformasikan sesuai dengan cerita dan penuturan masyarakat setempat,anda boleh percaya atau tidak.

Ikan dewa adalah jenis ikan kancra bodas (labeodarbus dounensis). Ikan ini termasuk ikan besar yang ada di air tawar.panjangnya rata-rata mencapai 75cm atau bisa sama besarnya dengan betis orang dewasa.banyak mitos mengenai ikan ini.menurut legenda,ikan dewa ini adalah jelmaan manusia.untuk asal-usulnya ada beberapa versi cerita.ada yang menyebutkan ikan ini berasal dari para pejuang Indonesia yang bergriliya dan bersembunyi dalam wujud ikan,serta ada pula cerita bahwa prabu siliwangi mengutuk anak buahnya yang berkhianat menjadi ikan dewa ini.

Walau versi cerita berbeda,masyarakat disana percaya bahwa ikan itu tidak boleh dimakan.menurut cerita ada satu keluarga meninggal dunia setelah memakan ikan tersebut.bukan hanya itu,ikan dewa itu tidak bertambah atau berkurang jumlahnya.oleh karena itu masyarakat menganggap ikan itu sangat keramat dan barang siapa bisa menyentuh badannya permintaan nya akan terkabul.

Mitos itu bukan hanya dari ikannya,cibulan juga menyediakan tempat mitos lain yaitu sumur7.satu sumur dan lainnya mempunyai khasiat yg berbeda:

–          Sumur 1 : nama sumur kejayaan,berguna untuk kekayaan lahir dan batin

–          Sumur 2: nama sumur keselamatan,berguna untuk keselamatan dunia dan akhirat

–          Sumur 3: nama sumur pengabulan,agar permintaan dikabulkan

–          Sumur 4: nama sumur kemulyaan,membuat hati menjadi mulya

–          Sumur 5: nama sumur cisadane,membuat keseimbangan atau keselarasan ucapan dan hati

–          Sumur 6: nama sumur cirencana,menetapkan  dan mengabulkan rencana yang menggunakan hati

–          Sumur 7: nama sumur kemudahan,agar awet muda serta member kemudahan dlm segala urusan.

Selain menariknya tempat pariwisata berenang bersama ikan serta kejernihan dan kemurnian airnya.mitos-mitos ini pun membuat tempat ini ramai dikunjungi orang ketika liburan baik itu dari dalam maupun luar kota Kuningan.hal ini pun sedikit banyak berdampak pada ekonomi dan pembangunan masyarakat daerah Maniskidul.

Anda boleh percaya atau tidak terhadap semua mitos-mitos yang ada,karena hal ini merupakan ceruta rakyak yang absur benar atau tidaknya.tapi anda jangan melewatkan kenyamanan berenang d air jenih ditempat yg sejuk ditemani ikan-ikan besar.pasti hal ini bisa menjadi pengalaman menarik untuk anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap