Poster film spirited away

Tentang Tanggung Jawab : Sebuah Perspektif dari Spirited Away

Rasanya lebih baik kumulai tulisan ini dengan mengatakan ada sebuah genre cerita yang sangat jarang terbit di Indonesia, lebih tepatnya cerita berkualitas di genre ini yang jarang saya dapatkan. Cerita yang saya maksud di sini adalah Coming of Age atau cerita tentang bagaimana seorang menjadi bertransformasi dari seorang anak atau remaja menjadi dewasa.

Kali ini saya membahas tentang film animasi Spirited Away, sebuah film fitur animasi yang dirilis pada tahun 2001. Film lama memang tapi ini adalah sebuah film master piece dari Studio Ghibli dan Hayao Miyazaki.

Kenapa saya bercerita tentang film ini? Karena ada beberapa hal yang bisa kawan ambil sebagai seorang penikmati cerita dan pembuatnya.

Hayao Miyazaki merupakan seorang animator yang piawai bercerita dengan tutur penggambaran ceritanya yang unik. Dia dihormati di dunia animasi barat dan timur, mungkin sampai saat ini animator paling dihormati dunia.

Buat saya pribadi film ini jadi salah satu favorit sepanjang masa, karena ceritanya yang memiliki banyak lapisan dan dimensi, pesan spiritual yang mendalam, dan animasinya yang begitu indah. Film ini merupakan salah satu masterpiece Hayao Miyazaki.

Cerita Coming of Age merupakan cerita yang berkisah tentang transformasi seseorang menjadi dewasa, bisa dari anak ke remaja atau remaja ke dewasa. Dalam film ini Cihiro berusia sekitar 12 tahun dan dia harus menolong ayah dan ibunya yang dikutuk serta meloloskan diri dari dunia roh itu.

Ini poster Spirited Away

Cerita tentang coming of age adalah cerita tentang pendewasaan tokoh, jika kau harus memikirkan apa yang membuat berbeda dari kehidupanmu saat remaja? Maka jawabannya adalah tanggung jawab.

Proses seorang menjadi dewasa ditandai dengan sebuah tanggung jawab yang diberikan padanya, mungkin tak harus tersurat, kebanyakannya adalah tersirat. Ketika memasuki dunia perkuliahan maka dirimu yang menjadi mahasiswa bertanggung jawab sendiri untuk menyelesaikan kuliahmu.

Kalau kau memutuskan tidak ingin meminta uang kepada orang tua dan memutuskan untuk mencarinya sendiri itu juga keputusanmu, penghidupanmu jadi tanggung jawab tersendiri.

Inilah inti dari cerita coming of age. Pendewasaan selalu ditandai dengan satu hal berbeda ketika masa remaja, hal paling kental itu adalah tanggung jawab yang selalu akan kau temui sepanjang hidupmu.

Lalu apa yang membuat Spirited Away begitu spesial?                           

Cerita yang mengisahkan Cihiro yang secara tak sengaja masuk ke dunia roh melalui sebuah taman bermain tua yang tak terurus, jadi awal cerita. Kemudian orang tuanya bersantap makanan yang tersedia di warung meskipun pemilik warung itu tidak ada.

Ini yang membawa kita pada plot selanjutnya, ini adalah titik dimana kehidupan biasa berubah jadi sebuah petualangan. Aku harus peringatkan dirimu kalau kau belum nonton Spirited Away sebaiknya kau tonton dulu, karena akan banyak spoiler yang ku bahas di sini.

Oke lanjut lagi ya.

Kenapa harus ada perubahan dramatis dari kehidupan biasa yang kemudian digantikan memasuki dunia roh?

Jawabannya adalah tentang petualangan dan proses transformasi itu sendiri.

Proses transformasi seseorang tidak terjadi begitu saja, ada faktor yang mendorong akan hal itu, seringnya adalah faktor dari luar diri (eksternal).

Chihiro yang menangis karena orang tuanya berubah menjadi Babi dan dia harus bekerja keras untuk membebaskan mereka.

Sama saja sepertimu yang menjadi siswa ke mahasiswa, lalu sehabis jadi sarjana kau mencari kerja. Babak kehidupanmu berlanjut dari satu babak ke babak yang lainnya. Cerita coming of age tidak memotret seluruh kehidupan seorang.

Namun dia berupaya untuk bercerita tentang sebuah babak dimana transformasi seseorang menjadi dewasa terjadi.

Awal babak itu dalam film Spirited Away ditandai Cihiro yang harus menyelamatkan orang tuanya yang dikutuk menjadi babi karena makan di sebuah warung makanan tak bertuan dan para roh menganggap hal itu sebagai penghinaan.

Ini menandai sebuah babak baru, kawan pun akan menebak bahwa ada sebuah petualangan yang akan dimulai oleh Cihiro.

Cihiro yang berjalan dari warung tersebut sampai ke sebuah pemandian mewah. Di sini dia melihat roh berbagai bentuk roh yang memasuki pemandian itu. Tepat ketika tiba-tiba Cihiro ditolong oleh seorang bocah lelaki yang kemudian membawa dia menjauhi tempat itu.

Pada saat itu Cihiro putus asa, tersesat di sebuah tempat asing, dipenuhi mahluk asing, dan dia tidak tahu apa yang harus dilakukan, dia putus asa. Di sinilah tokoh lain dikenalkan yang kemudian menolong Cihiro.

Di sini babak lain cerita dimulai, dimana Cihiro ditolong oleh sosok baik orang tidak dikenal. Saat ini kita akan mulai dikenalkan dengan dunia roh itu. Dari sini cerita mulai berkembang lagi mengikuti Cihiro dan Haku, bocah yang menolongnya.

Adegan-adegan dalam film Spirited Away didesain begitu rupa dengan satu tujuan, menunjukan faktor eksternal yang memaksa Cihro jadi dewasa, dengan menunjukkan beberapa adegan.

Seperti adegan dia bekerja di pemandian dan bagaimana dia harus memandikan sebuah roh yang sangat bau, namun ternyata dia adalah dewa sungai terkenal. Dalam adegan ini Cihiro bekerja dengan keras roh bau itu, di sini dia mulai memahami apa artinya bekerja, mengabdi kepada orang lain, seorang klien dalam sebuah servis.

Chihiro yang sedang membersihkan Spirit yang bau
Inilah adegan Chihiro bekerja untuk membersihkan roh yang bau.

Ini arti bekerja untuk kita. Kalau kawan sudah memasuki dunia kerja pasti paham kan. Hanya saja dalam adegan ini Cihiro menunjukan antusiasme seorang anak, yang melakuakn pekerjaan itu dengan sepenuh hati.

Terkadang bagi saya yang sudah lama bekerja, antusiasme dalam bekerja seperti itu hilang. Butuh pikiran seorang anak yang menganggap sebuah pekerjaan menyenangkan, itu metafora yang ada dalam adegan itu.

Tanggung jawab yang disebutkan dalam film ini tidak diceritakan secara tersurat, namun tersirat. Digambarkan lewat bagaimana sebuah pekerjaan dilakukan.

Adegan ini jadi bagian mengenalkan tanggung jawab pada Cihiro. Tentu cerita ini belum selesai karena dia harus menyelamatkan orang tuanya yang dikutuk jadi babi.

Dan cerita pun berlanjut.

Sebuah retrospektif

Cara bertutur cerita ini begitu menyita perhatian, disuguhi dengan visual indah animasi dua dimensi khas Ghibli. Cerita pun memiliki banyak lapisan dan makna, masing-masing membuat Cihiro jadi seorang yang lebih dewasa.

Transformasi seseorang tidak terjadi begitu saja, ada faktor yang memaksa transofrmasi itu harus dilakukan. Biasanya eksternal atau diluar kemampuan si tokoh. Dalam cerita ini faktor eksternal yang membuatnya harus bertransformasi adalah proses dia meloloskan diri dari dunia roh itu. Namun tak sesedarhana itu.

Ada begitu banyak hal yang diceritakan dalam Spirited Away, proses transformasi seseorang dipotong jadi beberapa bagian dan tiap bagian diceritakan dengan begitu rapuh dan indah.

Dalam adegan menaiki kereta jelas sekali kalau adegan ini mewakili transformasi menjadi dewasa. Kau pergi ke sebuah tempat dengan banyak orang asing, di sana lebih sepi dari tempat asalmu.

Begitu sepinya kereta ini, terkadang kedewasaan terasa seperti ini. Banyak babak hidup yang kau rasakan sendirian.

Di adegan kereta juga ada sosok siluet seorang anak perempuan yang menatap Chihiro ketika dia lewat. Bagi saya ini menjadi metafora kalau Chihiro melihat masa lalunya berlalu. Adegan ini mewakili titik dewasa dalam transformasi buat di film ini.

Untuk saya film ini membuat saya mengingat kembali masa lalu sebagai seorang bocah, sebelum mengenal apa sebenarnya apa itu tanggung jawab.

Menceritakan Proses dengan Indah

Semua medium cerita memiliki kemampuan unik masing-masing untuk bercerita. Komik dengan ekspresi wajah, manga dengan ekspresi hiperbolanya, animasi dengan dunianya sendiri, dan seterusnya.

Film animasi Spirited Away bercerita dengan indah lewat visual yang dibuat oleh Hayao Miyazaki dan soundtrack yang membuatmu damai. Menciptakan atmosfir seperti ini dalam animasi adalah penting untuk membuat atmosfir yang kuat.

Jujur soundtrack yang ada di film ini mengingatkan saya pada masa lalu, tapi itu juga yang diceritakan dalam Spirited Away.

Dalam adegan di rumah Zaniba, dia memberikan sebuah ikat rambut untuk Chihiro. Itu menjadi cindera mata petualangannya itu.

Ikat rambut dari Zaniba ditunjukkan sampai di akhir film, ini menjadi metafora tentang hal apa yang kita dapatkan dari masa transformasi itu, sebuah cinderamata.

Film ini mengingatkan sekali pada banyak kehidupan yang telah saya lewati. Transformasi kedewasaan seseorang memang seringnya digerakkan oleh faktor eksternal, seringnya juga sesuatu yang buruk.

Spirited Away akan mengongatkanmu pada banyak babak kehidupan yang telah kau lewati, kawan. Film ini memiliki arti berbeda buat penonton di umur berbeda, mungkin buat anak-anak menyajikan keindahan visual, tapi buat orang dewasa jadi pandangan balik kepada masa lalu.

Jadi apa yang kita bisa pelajari dari sini?

Menurut saya belum banyak cerita tenang coming of age yang bagus di Indonesia, sudah ada beberapa hal yang berkisah seperti ini seperti novel-novel teenlit atau film dengan tema remaja. Namun seringnya saya hanya menemukan kisah cinta sebagai fokus utamanya, bukant transformasi diri.

Dramatisir sesuatu hal adalah yang penting dalam memberikan cerita, terkadang itu membuat kesan yang kuat bagi penonton.

Namun cerita transformasi seseorang menjadi dewasa memang harus diiringi sebuah penanda, kalau transformasi itu masih berjalan dan sudah selesai. Tiap tahap transformasi itu ditandai dengan sesuatu.

Dalam menceritakan coming of age, maka untuk menunjukkan bagaimana sebuah proses transofrmasi itu bisa ada? Apa yang membuat tokoh harus bertransformasi? Ditandai dengan apakah babak transformasi itu? Proses apa saja yang ditempuh dan bisa ditunjukkan dalam proses itu?

Ini formula dalam menceritakan sebuah proses dalam cerita dan hampir ada di semua medium cerita.

Menulis cerita yang baik memerlukan pengertian tentang kisah yang akan ditempuh, transformasi seseorang tidak terjadi begitu saja dan tugas para pembuat cerita adalah menunjukkan bagaimana proses transformasi itu berlangsung.

Lalu ceritakan itu dengan indah.

Hayao Miyazaki adalah seorang tokoh besar di dunia anime dan animated feature film. Sedikitnya kita bisa mengambil pelajaran dari karya beliau.

1 thought on “Tentang Tanggung Jawab : Sebuah Perspektif dari Spirited Away”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap